PASURUAN -  Kapolsek Purworejo, bersama Pemda Kota Pasuruan memberikan pembinaan keluarga sadar hukum tentang kenakalan remaja kepada masyarakat wilayah Kec.Panggungrejo, bertempat di Kantor Kelurahan Bugul Lor pada pukul 09.00 WIB Kamis (15/06/17)

Menurut Kompol Ainul Yakin, Tujuan utama dari kegiatan penyuluhan hukum ini pada intinya adalah agar masyarakat tahu hukum, paham hukum, dan sadar hukum, untuk kemudian patuh pada hukum tanpa paksaan, tetapi menjadikannya sebagai suatu kebutuhan dan para orang tua memahami tenntang kenakalan remaja saat ini.

Kapolsek melanjutkan bahwa Pemahaman seseorang tentang hukum beraneka ragam dan sangat tergantung pada apa yang diketahui dari pengalaman yang dialaminya tentang hukum.

Pembinaan keluarga sadar Hukum, menjelaskan mengenai tujuan diselenggarakannya penyuluhan hukum adalah untuk mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik sehingga setiap anggota masyarakat menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya sebagai warga negara dan mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, taat dan patuh terhadap hukum serta menghormati hak asasi manusia.

Disamping itu mampu memberikan pemahaman, mengawasi serta mencegah putra putrinya agar terhindar dari perbuatan melawan hukum. Kapolsek Purworejo menjelaskan tentang tugas-tugas kepolisian “menjaga keamanan dan ketertiban adalah hal yang utama dari Polri. Kepolisian itu harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat” Ujar Kapolsek Purworejo Kompol Ainul Yakin.

Kapolsek menyampaikan bahwa sering terjadi penyalahgunaan narkoba  oleh para remaja serta sering para remaja melakukan aksi balap liar serta minum2an keras. Sehingga dibutuhkan peran penting orang tua dan keluarga untuk mengawasi putra putrinya agar terhindar dari perbuatan melanggar hukum.

"Harapan saya melalui kegiatan penyuluhan ini adalah agar masyarakat melaksanakan aturan-aturan hukum tanpa menyebabkan perasaan takut akan sanksi hukum, melainkan patuhnya masyarakat pada aturan hukum dikarenakan adanya kesadaran dan penghargaannya terhadap hukum," tegas kapolsek Purworejo Kompol Ainul Yakin, SE.  (hendra)


Hak Jawab / Hak Koreksi:
call / SMS / WhatsApps:
082233590005 / 081357848782
Email: tribunusantara@gmail.com

PASURUAN

[Pasuruan][fbig1][#e74c3c]

Nasional

[Nasional][fbig1][#e74c3c]
Diberdayakan oleh Blogger.