KEDIRI - Sebuah tradisi warga di Kota Kediri dilaksanakan untuk menjalin kerukunan warga, mempererat tali silaturokhim dalam ukhuwah Islamiyah warga masyarakat Dusun Jegles Desa Keling Kecamatan Kepung Kab.Kediri. Warga menggelar tradisi 'TAHLIL KUBRO' diarea pemakaman dusun desa setempat.

Kegiatan ini adalah dimaksudkan untuk mengirim do'a dan tahlil bersama kepada para arwah ahli kubur baik keluarga,teman, para leluhur serta arwah cikal bakal yang babad dusun secara berjamaah.

"Tradisi Tahlil Kubro ini sudah menjadi agenda tahunan warga desa," ujar Kepala Dusun Jegles Sahono menerangkan kepada tribunus-antara.com. Acara ini biasa dilaksanakan pada Hari Jum'at  menjelang/awal Bulan Ramadhan dan Jum'at akhir bulan Ramadhan selesai melaksanakan Sholat Jum'at
di Masjid AT -TAUBAH Dusun Jegles dan dikuti oleh seluruh warga Dusun Jegles baik laki-laki dan perempuan,tua dan muda guyub rukun dan khusu' mengikuti acara tradisi tersebut," imbuh Kasun Sahono.

Para sesepuh dan tokoh Dusun senantiasa hadir untuk memimpin dan membimbing acara tersebut,Imam tahlil dipimpin oleh Kyai Mukminin do'a dibacakan oleh Modin Kyai Saeroji dan prosesi awal hingga akhir dipandu oleh tokoh masyarakat yaitu Ustads Gus Saifudin dan Gus Luqman.

"Semoga tradisi ini bisa membawa manfaat dan barokah khususnya bagi warga  masyarakat dusun Jegles Desa Keling, baik untuk saat ini maupun nanti," terang Gus Saifudin dan Gus Luqman menambahkan pada akhir acara.  ( Agus dan BK. )

Posting Komentar