KEDIRI         Pengenalan nasionalisme sebagai bangsa Indonesia dilakuan sejak dini pihak sekolah SD Kristen St.Maria Pare Kediri, dan pengenalan nasionalisme ini melibatkan Koramil 11/pare untuk memberi wawasan sekaligus gambaran sesuai dengan pola pikir anak-anak usia di bangku kelas 1 SD. Bati Tuud Koramil 11/Pare, Pelda Yosep dibantu 3 anggota Koramil Pare lainnya membina anak-anak yang masih berstatus usia dini ini di halaman SD Kristen St.Maria, kamis (27/07)
Pembinaan nasionalisme ini merupakan bagian program non kurikulum yang dikembangkan SD Kristen St.Maria Pare untuk menanamkan ideologi Pancasila dengan aktifitas yang dimplementasikan berupa latihan upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, menghafalkan Pancasila, kuis interaktif mengenai pahlawan nasional dan wawasan kebangsaan bertemakan “Aku Anak Indonesia”.
Sesuai jadwal yang sudah disusun sebelumnya oleh pihak sekolah, diawal pembinaan ,siswa/siswi strata pendidikan awal ini menjalani pelatihan upacara bendera secara simple, agar mudah diterima sesuai pola pikir mereka. Pelatihan upacara bendera yang dijalani siswa/siswi ini lebih mengutamakan pada tata cara maupun urutan saat pelaksanaan upacara bendera berlangsung.
Usai latihan upacara bendera selama 30 menit, pembinaan berlanjut pada menyanyikan beberapa lagu kebangsaan seperti Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Khusus lagu Indonesia Raya ,dinyanyikan secara berkelompok dan setiap kelompok terdiri dari 10 anak.
Sesudahnya, siswa/siswi ini diajak untuk maju dan tampil didepan teman-temannya untuk menghafalkan Pancasila, dan dalam menghafalkan Pancasila ini, bila ada kekeliruan, siswa/siswi ini diharuskan mengulanginya kembali hingga hafal betul. Pembinaan berlanjut pada kuis interaktif berupa pertanyaan seputar pahlawan nasional yang dilontarkan spontan anggota Koramil Pare kepada siswa/siswi. Dari pihak sekolah sendiri secara khusus juga sudah menyiapkan sarana motivasi bagi anak didiknya berupa coklat dalam kemasan bagi yang sukses menghafalkan Pancasila. Diakhir pembinaan, siswa/siswi ini mendengarkan secara langsung wawasan kebangsaan yang disampaikan Pelda Yosep yang berdurasi sekitar 30 menit

Posting Komentar