Bangkalan – Dalam rangka melaksanakan program kegiatan minggu militer, Kodim 0829/Bangkalan  mengagendakan beberapa materi dasar keprajuritan yang di latihkan kepada anggota militer Kodim 0829/Bangkalan. Materi dasar yang dilatihkan diantaranya tentang penggunaan tali-temali (pioneering). Kamis (24/08/2017).

Perlu ketahui bahwa penggunaan tali-temali dalam kehidupan sehari-hari sangatlah sering, terkadang kita membuat suatu simpul tapi tidak mengetahui simpul apa itu dan apa keguanaannya. Disinilah para prajurit Kodim 0829/Bangkalan dilatih kembali untuk mengingat pelajaran-pelajaran yang pernah diterima selama melaksanakan pendidikan.

Penyampaian materi tali temali tersebut diikuti oleh prajurit bintara dan tamtama,pelda Sukahar selaku pelatih dan PasiOps Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Cristanto selaku koordinator latihan. Adapun latihan tali temali bertempat di dalam komplek Kodim 0829/Bangkalan.

Diharapkan melalui latihan ini dapat menyegarkan kembali ingatan dan melatih keterampilan dasar prajurit yang dimiliki anggota militer Kodim 0829/Bangkalan dalam hal tali temali sebagai salah satu ketrampilan dasar perorangan yang harus dimiliki seorang prajurit.

Pelda Supriyadi selaku pemberi materi dalam memberikan materi menyampaikan bahwa latihan pioneering merupakan keterampilan yang berhubungan dengan tali temali. Dalam Pendidikan dasar dikenal dengan istilah pioneering.Disebut pioneering karena tali-temali ini terutama digunakan untuk kegiatan para perintis (pioneer) seperti membuat jembatan, menara pandang/intai, rumah sementara, hingga sebuah benteng.

PasiOps Kodim 0829/Bangkalan menambahkan dengan adanya kegiatan latihan ini dapat menjadi wahana Komsos kita kepada masyarakat maupun anak-anak sekolah, lebih khususnya lagi kepada anak-anak pramuka di Kabupaten Bangkalan

Posting Komentar