PASURUAN -  AKP Baktiono Hendrianto, SH beserta Anggota Polsek Prigen, Anggota Koramil, Banser dan Satpol PP melaksanakan Pengamanan Arak-arakan Sedekah Bumi

Kegiatan ini merupakan adat masyarakat Dusun Kesiman Desa Sukoreno Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Minggu (03/09/2017).

Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 09.30 WIB, dan Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, Bapak Camat Prigen Mujiono, Kapolsek Prigen AKP Baktiono Hendrianto, S.H., Anggota Koramil, Kepala Desa Sukoreno, dan Muspika Prigen, Serta para undangan kurang lebih 5.000 Orang.

Sedekah Bumi Dusun Kesiman Desa Sukoreno Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan ini dilaksanakan setiap Dua Tahun sekali, Sedekah Bumi adalah istilah bagi warga kesiman, ada juga yang menyebutkan dengan bersih desa itu adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta  karena telah diberi  hasil pertanian yang melimpah

Selain itu Sedekah Bumi sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodakhoh berupa makanan.

Yang menarik dari acara Sedekah Bumi ini adalah adanya perebutan ancak (sebutan untuk  makanan yang di panggul atau diarak), banyak orang  yang ingin mengambil makanan yang ada di ancak meski harus berdesak-desakan dengan orang lain.

Perebutan ancak biasanya dilakukan di Punden Desa yang sebelum direbutkan didahului dengan memanjatkan Do’a yang dipimpin oleh Sesepuh Desa, supaya Desanya menjadi aman, damai, tentram dan makmur.

Setelah Semua Ancak sampai di Punden Desa dan semua masyarakat berkumpul, Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf memberikan sambutan kepada semua warga Dusun Kesiman, mengucapkan terimakasih atas antusias warga Dusun Kesiman Untuk melaksanakan Kirab Ancak tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Prigen AKP Baktiono Hendrianto, S.H., menyampaikan bahwa pihaknya selalu memberikan pengamanan kepada setiap warga yang melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengundang massa, Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan mampu dibendung dengan kehadiran personil pengamanan.


“Kami selalu berikan pengamanan disetiap kegiatan masyarakat, sehingga situasi bisa tetap kita jaga bersama,” Terang Kapolsek Prigen AKP Baktiono Hendrianto, S.H.

Posting Komentar